Jumat, 17 Agustus 2012

Curiosity sukses mendarat di Mars


Fakta - Kendaraan penjelajah (rover) Curiosity yang dibawa wahana Mars Science Laboratory (MSL) sudah sampai di Planet Mars.

Suasana di pusat kendali misi Mars Science Laboratory, mendadak riuh dengan sorak-sorai dan tepuk tangan. Rover Curiosity yang diluncurkan 26 November 2011 lalu dari Cape Canaveral, AS telah menempuh perjalanan lebih dari 566 juta kilometer dan terbang dengan kecepatan 12.874 km/jam telah berhasil mendarat pada 6 Agustus 2012 di Kawah Gale, permukaan Mars. Tujuh menit menjelang pendaratan itu sangatlah menegangkan sehingga disbut "seven minutes of terror".

Curiosity berhasil mendarat dengan teknologi yang benar-benar baru. Tidak seperti pendahulunya, Curiosity bukan diturunkan dengan parasut biasa, melainkan parasut besar bertenaga jet yang disebut sky crane. Sky Crane menurunkan Cuiosity dengan tiga utas tali nilon yang sangat kuat.

Teknologi mutakhir ini dugunakan, karena Curiosity jauh lebih besar daripada rover-rover  terdahulu seperti Spirit & Opportunity. Kendaraan beroda 6 ini seukuran mobil kecil, dengan bobot hampir 900 kg.


Sesaat setelah mendarat, Curiosity mengirimkan 3 foto dari permukaan Mars. Misi yang menelan biaya US$ 2,5 Miliar (Rp. 23,6 Triliun) ini, bertujuan untuk mencari jejak kehidupan di Planet Mars.

Keberhasilan pendaratan Curiosity membuat NASA yang menangani misi tersebut kebanjiran pujian. Penasihat Presiden Barack Obama untuk bidang Sains, John Holdren, juga menyampaikan ucapan selamat dari presiden.

Sumber : Berani mag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan anda.
Saran dan pendapat dapat dikirimkan di email kami seputar_fakta@rocketmail.com atau Twitter kami @SFakta.

Silahkan kirim komentar anda dikotak yang tersedia.