Jumat, 17 Agustus 2012

Penemuan Kendi berisi Dinar Emas

Fakta - Seorang mahasiswa bernama Mati Johannanoff dari Tel Aviv University menemukan sebuah kendi berusia ribuan tahun yang berisi 108 keping koin emas di Kota Arsuf, Israel.

Koin yang ditaksir bernilai US$ 500.000 (Rp 4,5 Miliar) itu, ditemukan dibawah lantai bekas Kastil dari Abad ke-13, yang pernah ditempati Richard berhati Singa dari Inggris, saat bertempur dengan tentara Islam pimpinan Sultan Saladin. Profesor Oren Tal, arkeolog dari Tel Aviv University mengatakan ini adalah penemuan koin emas langka yang berasal dari zaman Perang Salib di Israel.

Koin Emas merupakan mata uang dinar dari Periode Fatimayah yang berlangsung pada tahun 900M ~ 1.100M. Periode ini sulit dipelajari karena sedikit informasinya. Apalagi huruf-huruf yang digunakan di koin juga sulit dipahami. Pada koin itu terdapat gambar sultan, tanggal, dan tanda yang berbeda, termasuk di dalamnya dari wilayah Alexandria dan Tripoli.

Menurut Profesor Oren Tal, koin itu memberikan bukti vital bagaimana transaksi ekonomi berskala besar dibuat pada masa bersejarah yang penting, yaitu ketika dua kebudayaan besar dunia bertemu. Saat ini, para Arkeolog masih mempelajari koin tersebut.

Sumber : Berani mag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan anda.
Saran dan pendapat dapat dikirimkan di email kami seputar_fakta@rocketmail.com atau Twitter kami @SFakta.

Silahkan kirim komentar anda dikotak yang tersedia.