Senin, 17 Desember 2012

21 Fakta Unik Seputar Perayaan Natal

1. Santa Claus atau Sinterklas lebih terkenal daripada Yesus waktu Natal.
Padahal Natal itu adalah hari ulang tahun Yesus, bukan Sinterklas. Jika kita perhatikan saat Natal di TV, mall, bahkan di beberapa gereja ada Sinterklas.


2. Kata Natal yang kita kenal di bahasa Indonesia asalnya dari bahasa Portugis.
Mungkin karena Indonesia sempat dijajah Portugis, jadi sebagian bahasa Portugis diserap jadi bahasa Indonesia.

3. Perang Dunia I sempat berhenti beberapa hari karena Natal.
Ini kisah nyata! Kejadiannya pada tahun 1914 di Perancis. Waktu itu tentara Jerman dan Inggris sedang berperang, tetapi mereka sepakat mengadakan gencatan senjata tak resmi selama beberapa hari mulai hari Natal dan sesudahnya. Dan para prajurit menyanyikan lagu-lagu Natal dan bermain bola di tempat bekas perang.

4. Di Argentina, Chile dan Uruguay, Natal biasanya dirayakan di pantai.
Hal ini dikarenakan negara-negara tersebut memang termasuk negara-negara yang punya pantai yang indah, dan hari Natal di sana jatuh pada saat musim panas, maka natal dirayakan di pantai.

5. Tradisi pasang pohon Natal asalnya dari Alsace, Prancis.
Dulu pohon Natal dipasang di alun-alun kota, lalu berpindah ke depan gereja. Orang-orang akan menari-nari di sekitar pohon Natal yang katanya lambang pohon di teman Eden.

6. Lagu Natal Malam Kudus pertama kali dinyanyikan dengan iringan gitar dalam sebuah kebaktian gereja di Austria. Gitar digunakan karena organ gereja setempat sudah sangat berkarat sehingga tidak dapat dimainkan.

7. Lampu listrik sebagai hiasan pohon Natal pertama kali digunakan pada 1895. Ide ini dicetuskan oleh seorang Amerika, Ralph E. Morris. Lampu baru ini terbukti lebih aman daripada lilin yang biasa dipakai sebelumnya.

8. Di Amerika Utara, anak-anak biasa memasang kaus kaki pada saat Natal. Adapun anak-anak Belanda menggunakanya sepatu, biasanya sepatu kayu yang disebut Clog.

9. Di Armenia, makanan khas pada Malam Natal terdiri atas ikan goreng, selada dan bayam. Hidangan ini dinikmati setelah kebaktian Malam Natal untuk mengenang makan malam yang dilakukan Maria pada malam menjelang kelahiran Kristus.

10. Saat mengunjungi Finlandia, Sinterklas meninggalkan kereta luncurnya dan menunggangi seekor kambing bernama Ukko. Menurut cerita rakyat setempat, Ukko terbuat dari jerami, namun cukup kuat untuk ditunggangi Sinterklas.

11.Dahulu pohon Natal digantung di langit-langit ruangan dan di dahannya digantungi apel.
Pada waktu itu pohon Natal dianggap lambang dari pohon yang ada di Taman Eden maka dari itu digantungi apel.

12. Kartu Natal pertama asalnya dari Inggris.
Orang yang pertama kali membuatnya adalah Sir Henry Cole. Waktu itu dia terlalu sibuk sampai tidak ada waktu untuk mengucapkan Selamat Natal kepada teman-temannya. Maka ia menyuruh orang membuat kartu Natal yang di dalamnya ditulis Merry Christmas and Happy New Year.



13. Salah satu binatang yang jadi terkenal karena Natal adalah rusa.
Coba anda perhatikan di mall, film, buku, dimana ada Sinterklas pasti ada rusa yang jadi penarik keretanya. Bahkan ada lagu khusus tentang rusa Natal yang judulnya Rudolph The Red Nose Reindeer.

14. Ada kepercayaan jika ingin sehat sepanjang tahun, makan apel saat malam Natal.

15. Ada mitos lain yang berkata anak yang lahir pada saat hari Natal, hidupnya akan bahagia terus.

16. Di Amerika Serikat ada dua kota yang dinamai Santa Claus. Yang satu berada di negara bagian Indiana yang satu lagi di Idaho.

17. Lagu Jingle Bells ditulis pertama kali sebenarnya untuk merayakan Hari Ucapan Syukur. Lagu itu digubah pada 1857 oleh James Pierpont, dan semula berjudul One Horse Open Sleigh.

18. Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, alergi terhadap pohon Natal.

19. Perangko pertama yang diterbitkan secara khusus untuk menyambut Natal bergambar bunga mawar. Perangko itu dijual pada 1937 di Austria, di mana bunga mawar kertas merupakan hiasan khas pada hari Natal.

20Pada 1647, parlemen Inggris menetapkan undang-undang yang melarang perayaan Natal. Pesta Natal dianggap ilegal oleh pemimpin golongan Puritan, Oliver Cromwell, yang memandang keramaian dan kegembiraan pada hari yang semestinya kudus dan khidmat itu sebagai tindakan asusila. Larangan ini berakhir pada saat Cromwell lengser pada 1660.

21. Bayi di palungan dan berbagai hiasan yang menggambarkan peristiwa kelahiran Kristus di Betlehem sudah dipakai dalam kebaktian gereja sejak abad-abad pertama. Gambar Kelahiran Kristus tertua, berasal dari sekitar 380 Masehi, berupa hiasan dinding di ruang pemakaman keluarga Kristen di Katakombe St. Sebastian, Roma, ditemukan pada 1877.


Sumber : Sangat Unik Sekali, Catatan Arie Saptaji

8 komentar:

TokoEdu mengatakan...

Bagus sekali.Infonya juga lengkap. :)
Kunjungi juga www.tokoedukasi.com

pabrik seragam drumband terbaru dan terbaik mengatakan...

selamat siang terimaksih atas kunjungan dan infonya

jual seragam drumband dan marchingband mengatakan...

selamat siang terimaksih atas kunjungan dan infonya

perlengkapan drumband mengatakan...

selamat siang terimaksih atas kunjungan dan infonya

pabrik seragam drumband dan marchingband terbaru mengatakan...

selamat siang terimaksih atas kunjungan dan infonya

jual perlengkapan musik drumband mengatakan...

selamat siang terimaksih atas kunjungan dan infonya

pabrik seragam drumband dan marchingband terbaru dan terbaik mengatakan...

selamat pagi terimaksih atas kunjungannya

Drumband mengatakan...

selamat pagi terimaksih atas kunjungannya

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan anda.
Saran dan pendapat dapat dikirimkan di email kami seputar_fakta@rocketmail.com atau Twitter kami @SFakta.

Silahkan kirim komentar anda dikotak yang tersedia.