Rabu, 16 Mei 2012

Gua Es Terbesar di Dunia




Fakta - Sebuah gua es yang menakjubkan terdapat di Werfen, Austria, sekitar 40 km dari kota Salzburg. 
Namanya, Eisriesenwelt dari bahasa Jerman yang berarti "World of the Ice Giant". Luas gua Eisriesenwelt sekitar 42 km.


Gua Eisriesenwelt dibentuk oleh Sungan Salzach pada 100 juta tahun yang lalu. Air sungai itu mengalir masuk ke Gunung dan mengikis jalur yang dilaluinya. Selama beribu-ribu tahun, retakan dan celah batuan kapurnya menjadi lebih besar saat air mengikis habis batuan, hingga akhirnya menjadi gua.


Pada musim dingin, ketika udara di dalam gunung menjadi lebih hangat daripada di bagian luar, aliran udara dingin masuk ke gunung. Udara dingin itu menurunkan suhu pada bagian yang lebih rendah di dalam gua sampai di bawah titik beku. Saat musim semi, tetesan salju yang mencair masuk melalui retakan di batu. Ketika mencapai daerah terdingin di dalam gua, air itu membeku. Lama-lama, air beku itu membentuk es yang sangat indah di dalam gua.


Sumber : Berani Mag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan anda.
Saran dan pendapat dapat dikirimkan di email kami seputar_fakta@rocketmail.com atau Twitter kami @SFakta.

Silahkan kirim komentar anda dikotak yang tersedia.