Kamis, 13 Desember 2012

T-Shirt sebagai Penyimpan Energi Listrik

FaktaSejumlah ilmuwan AS telah mengembangkan proses penyimpanan energi listrik ramah lingkungan dalam kain katun yang dapat digunakan untuk mengisi ulang gadget elektronik.


"Setiap hari kita memakai bahan ini. Suatu hari nanti kaos oblong katun kita akan memiliki fungsi-fungsi tambahan, misalnya sebagai alat penyimpan energi yang dapat menambah daya ponsel atau iPad anda." "Hal ini menciptakan kapasitor super yang stabil," kata penulis penelitian, Xiaodong Li di University of South Carolina (USC) dalam siaran pers.
alt
Metode baru ini adalah ramah lingkungan dan sangat murah. Sebelumnya, sejumlah material yang digunakan melalui proses rumit dengan efek samping berbahaya.
Tim Li mengeringkan katun kaos murah setelah merendamnya dalam larutan fluorida, dan kemudian dipanaskan pada suhu tinggi tanpa oksigen untuk mencegah terbakarnya katun.
Serat dalam bahan dikonversi dari selulosa untuk mengaktifkan karbon selama proses terjadi, tetapi material itu tetap bersifat fleksibel.
Dengan menggunakan bagian-bagian kecil bahan sebagai elektroda, para peneliti menunjukkan bahwa material itu bisa berfungsi sebagai kapasitor.
Kapasitor menyimpan daya listrik dan merupakan komponen dari setiap alat elektronik yang ada di pasar.
Dengan melapisi serat-serat individual dari bahan yang sudah terkarbonisasi dengan mangan oksida, kemampuan elektroda itu semakin tinggi.
Uji coba menunjukkan kaos tersebut dapat diisi ulang hingga ribuan kali.

Sumber : Epoch Time

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas kunjungan anda.
Saran dan pendapat dapat dikirimkan di email kami seputar_fakta@rocketmail.com atau Twitter kami @SFakta.

Silahkan kirim komentar anda dikotak yang tersedia.